Semester 5 – Saatnya Unjuk Gigi? lol…

Ternyata , menjadi seorang mahasiswi di semester 5 yang menyandang gelar manager… well , asst. manager buat HOA is not that easy… Required high responsibility , self awareness , and many more…  Kalo lagi theory week , tugasnya numpuk dan seabrek-abrek deh… Banyak banget dan susah pula… Tugas – tugas presentasi , makalah dan segala macamnya dan juga kita dituntut buat inisiatif cari bahan sendiri , bukannya cuma disuapin doank. Trus pokoknya kalo lagi practical week tuh depend on your position deh… Kalo untuk program studi gw sendiri , Hotel Administration , practical week tuh dibagi antara Cost Control 1x , trus praktek di F&B Department alias di Nusantara Restaurant tercinta itu 2x dan selebihnya di Room Division… Jadi ada 3 tempat praktek untuk prodi gw…
Pertama , Cost Control , ya kerjaannya dengan angka-angka deh , mulai dari ngitung food cost , portion cost ampe decide selling price , trus proses receiving dari supplier , ya kerjaannya back office banget , tapi enaknya , bisa dapet makan gratis di Nusantara and sometimes bisa di bawa ke cost control office , keq waktu itu gw dan temen sekelas gw , sebut saja Mr.Hnsn , iseng berkunjung ke praktekan cost control kelas sebelah gw (jadi prodi gw ada 2 kelas , A dan B… Kalo kelas A lagi practical week , kelas B lagi theory week dan sebaliknya) , eh di office mereka dapet omelet ama sauce , ya udah deh gw dan Mr.Hnsn kebagian hajatan mereka wkwkwk…  Udah gitu anak2 kitchen pada kelebihan fruit punch ama teh tarik yang mereka buat , ya udah deh kecipratan juga wkwkwk… Tapi ribet ama nentuin selling price dan kalo selling price nya salah , yaaa restaurant merugi… haha…
Lalu… Kedua… Praktekan di F&B Department alias di Nusantara Restaurant… Untungnya kalo Asst. Manager tuh single shift , jadi ga terlalu cape… Tapi waktu dulu masih jadi craft alias basic alias semester 1 ato 2 , harus double shift… Awal-awal praktekan tuh bisa dari jam 8 pagi ampe jam 10 malem , wow , amazed right… haha… Untung kalo manager HOA (Prodi gw – HOtel Administration) tuh cuma single shift , antara Lunch ato Dinner doank , jadi ga terlalu berat…  Biasanya posisinya Service Manager  yang responsibility nya waktu operational restaurant , trus Training Manager yang kasih training and knowledge ke basic , Personnel Manager yang responsibility buat grooming ama sitting capacity di Restaurant , Marketing Manager ngurusin penjualan beverage di Restaurant , Chief Steward yang pusink ama Inventory mulai dari cutleries , glassware , silverware , chinaware etc… Waktu week 8 gw in charge jadi Asst.Training Manager ya tugas gw cuma kasih trainingan and make sure all craft gw dapet knowledge sesuai programme and mereka ngerti ama training an yang gw kasih yaitu a la carte service , changing table cloth etc.. Waktu gw praktek di week 8 , di Nusantara , hari pertama ya kita rada PUSH para craft , pada digalakin sedikit deh , mumpung ga ada “seseorang” di Nusantara… =p
Beberapa hal yang aneh yang gw temui di Nusantara jaman sekarang :
1.       Greeting para craft kurang banget… soalnya waktu gw dkk lewat mau masuk ke Nusantara , mereka ga greeting , padahal waktu jaman gw dulu masih craft , kalo ada manager lewat , semua greeting ampe keq paduan suara , so masalah ini dibahas di morning briefing pertama di hari Senin…
2.       Kedua , mereka ke manager kaga greeting , tapi kalo lewat back area waktu mise en place , kan pastry masih tutup , kitchen juga lagi pada sibuk operational alias kaga ada siapa-siapa , para craft kalo lewat situ greeting terus “Excuse me Pastry , Excuse me Kitchen” , sampe gw heran , lha ngapain lo greeting ke kitchen pastry sedangkan ga ada siapa-siapa di situ… ampe manager pada ketawa lha , bodor… haha , itu sih P.A.R.A.H namanya… haha
Trus di hari senin itu ada kejadian “ting – ting” tapi ga akan gw bahas di sini d… haha… Mungkin kapan-kapan aja gw bahasnya haha…
Biasanya dulu waktu gw masih craft , gw yang di check grooming… Sekarang gw yang check grooming mereka , rasanya aneh aja gitu haha… Gw yang periksa korek mereka bunyi ato enggak…
Jadi inget waktu gw dulu semester 2 jadi craft di FB… Tiap hari harus bawa korek yang disusun biar ga bunyi , service napkin ,dishtowel yang bersih disetrika,handkerchief.. dan betapa deg-deg an nya gw waktu mau di check grooming , soalnya kalo ada yang ga memenuhi standard , pasti dimarahin , ga enak deh,,, trus kalo ga hafal menu and explanationnya trus knowledge nya pada ga tau juga pasti dimarahin kalo ga ama supervisor , ama manager… sekarang gw deh yang jadi manager… Tapi tetep aja manager juga harus ngapalin , kalo ga gimana mau nge test craft nya lah haha…
Jujur sih ,dulu gw kaga pernah bisa buat korek sendiri , selalu dibuatin =p parah ya… haha… Gw dah coba sih , tapi edun , ga tau napa gw ga bisa ampe gw nyerah deh haha… Tapi waktu dulu masih jaman pembantaian , week-week awal sih gw takut banget buat praktek , tapi begitu week-week terakhir sih cuek bebek gw haha… Tapi pasti tiap praktek tuh 2x nyetrika rok biar rapi , 2x nyemir sepatu biar kinclong , pokoknya groomingan jaman gw dulu masih strict deh…  Lipstick harus merah (I really hate this one) haha… Trus kalo makan juga harus cepet , sampe2 kalo gw makan nasi tuh biar cepet kaga gw kunyah  tapi gw minum pake air , jadi bisa langsung gw telen , manstab kan… haha… Tapiiii ituuu sih duluuuu… Sekarang mah udah ga se strict dulu lagi…
Nah sekarang gw nih yang posisinya jadi manager… haha
Kalo check grooming biasanya gw nanya MIC (Manager in Charge) ya at least mereka harus hafal deh nama2 manager mereka siapa aja ama posisinya apa aja… Menu and explanationnya juga , it`s a must lah yah… Kalo Knowledge… kadang gw suka mencari something different dari manager laen yang nanya2 knowledge `tok.` haha.. Jadi gw kadang suka nanya “Mmm… kalian mau ditanya apa?” nah biasanya mereka pada bingung kalo ditanya gitu… Kurang lebih sih pada jawab “Terserah kakak aja” ato ga Cuma bengong diem senyum geje… Trus gw liatiiiiin yang lama (bingung deh mereka diliatin… haha) trus gw tanya “Ada yang mau ditanyain ga?” dan rata-rata mereka nunduk sambil geleng-geleng…  Trus gw tanya lagi “Nah kalian mau nanya apa mau ditanya nih?” =p Trus mereka biasanya diem trus langsung bilang “Mmm nanya aja ka….” Haha… yeaaa at least kalo mereka mau nanya gw harus yang masuk akal , ya biar mereka mikir aja deh… kl knowledge kan tinggal ngapalin dari notebook aja , males gw nanyanya juga haha… Ato ga biasa gw tanya aja “Apa yang udah kalian dapet/pelajarin dari praktek ini?” Nah itu seputar check grooming… Kalo lagi mise en place and set up table sih ya gw ajarin aja caranya biar mereka bener.. Kadang suka ada yang O.O.N udah gw ajarin , kasih tau sejelas2nya , masih aja kaga ngerti… P.A.R.A.H sih itu namanya… Trus kalo lagi operational , karena pas gw in charge mereka baru real practice ke-2x , jadi gw yakin masih pada belum familiar ama GSP , jadi ya gw yg nyuruh2 mereka , soalnya gw yakin pasti mereka belum paham sepenuhnya… And biasanya station yang gw jaga selalu station yang paling cepet beresnya haha… Cara nge-manage nya sebenernya gw pelajarin dari manager gw yang dulu waktu gw masih craft sih haha… Trus pas hari kamis dinner gw juga ditantang ni ama temen gw bisa gag w paling cepet lagi beres nya , udah dikasi station outside which is the most complicated station dengan staf nya yang aduhai pula…. Tapi yaaa gw kasih mereka semangat deh haha biar bisa cooperate ma gw biar jadi station paling cepet (ya gw anggep ini keq maen dinner dash aja haha) and guess what , I could make it! Haha… Yaaa gak apa2 donk gw berbangga sedikit wkwkwk…
Nah trus ada kejadian lucu… kan waktu Thursday dinner tuh menu main course nya spaghetti , ada manager kitchen , temen gw yang berinisial Mr.S yang g*ndut… haha… Nah dia minta A.H Portion (American Hero portion which means big big big portion) — (yeaaa walaupun gw juga sering request A.H Portion ke CDP Kitchen (anak semester 3 — ada tuh yang sering nawarin gw buat request something… haha =p ) ) nah si Mr.S ini dia request A.H Portion buat spaghetti nya… Ama gw disuruh cepet2 makannya “Hayoh hayoh… ayo S**** , cepetan makannya… cepet2…” haha… tapi udahnya gw bilang “Bcanda gw… udah nyante aja…” Tapi entah kenapa dia tetep aja cepet2 makannya… Nah trus udah kan tuh abis makanannya… Trus gw bilang ‘Lha , kan gw dah bilang gw bcanda , udah sih nyante aja , da ga ada yang clear up ini , craft gw lg pada di back area semua , ga ada yg bisa disuruh buat clear up…” hahaha , langsung ngamuk dia… wkwkwk… yeeee  udah dibilangin bcanda juga… haha ,Cuma ngakak aja gw denger dia bilang “Ah dasar lo, gw dah makan cepet2 kan jadi ga bisa gw nikmatin…” haha… ngakak ngakak…
Nah trus pas bagian gw makan , gw juga minta A.H portion =p  dang w se-table ama manager FB juga yang minta A.H Portion juga… Udah gitu pas abis gw beres makan , gw back to operational , dan ternyata ada 2 table terakhir yang lamaaaa banget belum beres-beres… dan setelah denger punya denger , alesan mereka lama tuh karena kitchennya harus masak spaghetti lagi karena banyak manager yg request A.H Portion… Dhueerrr… gw jadi merasa tidak enak nih ikut andil dalam A.H Portion =p heuheu , maafkan diriku ya…
Nah trus buat hari Jumat , ga ada operational , cuma General Cleaning , Closing Inventory aja… nah inilah hari pembantaian pas check grooming… haha… Dulu sih gw tiap hari Jumat , udah tau gw bakal jadi hari pembantaian , Cuma gw dan teman-teman gw sudah mulai malas buat ngapalin mulu , akhirnya pasrah lah kita dengan satu persepsi “Ya udah lah , Cuma 10 menit ampe 15 menit doank dimarahin dibentak-bentak , udahnya sih kaga , pasrahin aja tuh 10-15 menit itu..” heuheu… Parah yaa… Jangan ditiru yaaa , kasian manager nya… marah2 ntar cepet tua loh…
Jadi waktu hari Jumat sih gw kaga marah-marah haha… Gw buat guilty feeling aja deh kl ada yang ga hafal….. haha…
Trus biasanya buat hari Jumat , para craft pada bikin manager comment haha , lucu aja sih baca comment2 dari mereka…  Rata2 commentnya gw dibilang pendiem , kalem, detail , trus kl se station ama gw pasti cepet haha… Ada juga yg bilang gw kurang speak up… ada yang bilang sering senyum dan ada yg bilang kurang senyum… (bingung jadinya) ahahaha… Yang bodor tuh ada yang bilang jadi adem kl liat muka gw -.-“ zzzz banget… haha… Dan yang terakhir , ada yang gambar jempol dan hati dengan tulisan mau donk di manager in kakak tiap minggu… haha.. dari sapa tuh , hayoooohhh….
Gara2 di lembar itu cuma comment buat gw doank yg ada gambar nya , jadi manager n supervisor pada notice tuh… hadoooh , jadi maluuu… haha
Akhirnya pas sambung rasa di ceng-ceng in deh , bagoooeeesss yaaaahhh… -.-“
Nah itu lah praktekan week 8 gw di Nusantara… Sampai berjumpa kembali di week 16 haha…

Lalu , ketiga adalah… Room Division yang paling banyak U.P.A nya alias Unit Practice Area,which are :
1.       Front Office Simulation
2.       Front Office Cottage
3.       Housekeeping Public Area (HK PA)
4.       Housekeeping Cottage
5.       Laundry
6.       Cashier Nusantara
7.       FO Hotel
8.       HK Hotel
Sedangkan organization chart nya buat manager sendiri terdiri dari Excom (Executive Comitee) wearing Black Jacket alias jas hitam (actually  I can`t wait wearing them , coz it looks so cool! Lol , just my thought) and Dept.Head (Department Head) yg hanya memakai Brown Jacket campus…
Excom tuh terdiri dari RDM (Room Div. Manager) , DM (Duty Manager) , TM (Training) , HRM (Human Resources) sedangkan Dept Head tuh ada Storekeeper , Laundry Manager , Chief Cashier Nusantara , FO Manager , Executive Housekeeper. Pertama kali gw praktek di room , gw menjabat sebagai Asst.Executive Housekeeper. Otomatis bawahan gw HK PA dan HK Cottage… Enaknya tuh kl anak2 PA dapet jatah makan gratis di Nusantara dan entah mengapa gw juga ga ngerti , kebanyakan BJ = Basic Junior (semester 1) , BS = Basic Senior (semester 2) termasuk SPV alias Supervisor (semester 3) nya juga pada males makan gratis di Nusantara…  Dari banyak alesan sih mereka pada ga mau karena porsinya yg terlalu banyak soalnya mulai dari roti , appetizer , soup , main course , dessert harus abis , terutama cewe-cewe biasanya pada ga mau makan di sana… Jadi ya gw sih seneng aja gw bisa dapet jatah , kan dibates jatahnya , kl BJ BS gw pada kaga mau ,ya gw lah yang makan di sono haha… (diih , makan aja digedein… jadi malu , heuuuu…) tapi emank enak koq makan di Nusantara , udah gratis  menunya juga oke banget haha… kecuali Grilled Sirloin nya yg keras keq sandal jepit yah… Dan harganya pun emank mahal , seorang biasanya tuh bisa lebih dari 100 ribu per kali makan… Dibayarin kampus pula… makanya , enak lah kuliah di sini haha… makmur =p
Oke , lanjut cerita tadi…. Jadi pas gw menjabat jadi Ex.House ya gw kebagian jatah makan di Nusantara terus… (Horeeee) =p
Kebetulan shift gw Afternoon terus because of some reasons… Waktu hari Senin sih gw shift afternoon dari jam 1 siang dan baru pulang jam 10.15 malem gara2 nunggu temen2 yang di cashier dan Nusantara baru beres operasional jam segitu…  Buat menu dinner nya tuh gw dapet roti , trus appetizer nya Quice Lorraine (cheese pie) , soup nya tuh Fish Broth and Main Course nya tuh gw dapet Grilled Sirloin Café de Paris (yang keq sandal jepit kerasnya minta ampun , karena Kitchen baru pertama kali praktek ya maklum deh) with side dishes nya Jardiniere Vegetable and Baked Potatoes… Dessert nya apa yah gw lupa deh… Nah itu menu nya (ga heran kan sekali makan seorang bisa nyampe lebih dari 100 ribu…)  Buat Monday , so far so good deh , no problem , kecuali pulangnya aja yang ga kira-kira malemnya… Nah trus hari Selasa nya gw kaga masuk… Ehem… sakit… ehem… =p yeaaaa dan gw malemnya juga ada persekutuan , jadi ehem ya ehem… begitulah… hehe… kebetulan kalo surat dokter tinggal minta ke daddy gw aja… =D (curang!!!!) =p
Lalu , Wednesday , gw masuk lagi , afternoon lagi… Nah ini nih baru rame… Jadi gw menemukan beberapa BS gw alias bawahan gw yang tidak memenuhi standard mulai dari attitude , knowledge…  Ada 2 orang nih yang ketangkep basah kerjanya ga bener… Pertama si Mr.Pak………… Pas lagi check toilet Nusantara , gw masuk , eh ni anak lagi NGACAAAA!!!! Ya ampun… Trus ya gw bilang “Heh , ngaca mulu kamu…” Eh ni anak oon , malah jawab “Iya ka , maaf , ini , saya lagi ganti belahan poni” karena gw ga nahan , ya gw ngakak lah orang muka dia bodor banget… (poninya mau belah kanan keq , kiri keq , tengah keq , udah sama aja tetep ganteng koq… -.-“ parah banget ni anak) ya udah gw suruh check toilet yang bener… Nah itu pertama… Yang kedua , yang parah banget , Mr. GG… Pas gw lagi mau check dia lagi apa , dia lagi check toilet sambil bercandaan ama 2 orang BS…. Ya gw bilang “Check toilet 1 orang juga cukup kali , ga usah sampe 3 orang” dan mereka lagi bercandaan.. Ya udah deh si Mr.GG gw semprot… Gw tanya Motto and Programe Ex.House yang di content nya ada “Be seriously when doing your job” , nah part ini yg dia ga penuhin , mana ada bercandaan… dan dia tidak hafal programnya, jadi gw tegur lah , udah BS , ga hafal program , dan ini tuh udah hari Rabu… Ya udah deh tu pintu toilet gw tutup gw tanya2 (jangan mikir yang aneh2 ya pintunya gw tutup) , abis 2 orang BJ dia sok ngasih2 tau jawaban kalo si Mr.GG ini ga bisa jawab… Akhirnya ya gw marahin deh sih Mr.GG ini , kl kerja jangan bercandaan mulu , bedain waktu antara bercandaan ama waktu kerja… Akhirnya dia jadi S.A.S gw alias Special Attention Student gw… Akhirnya tiap apa2 yang di kerjain , gw suru kerjain sendiri dan gw ikutin terus… Eh parahnya ni anak malah manggil gw “cici” lagi… P.A.R.A.H bangeeeuuutttt dah… Cuma pas break ya udah gw ngobrol2 aja bareng dia , anaknya rame juga koq… Cuma kalo pas praktekan ni anak harus sering ditakol… haha
Tapi kalo di luar sih asyik2 aja… haha
Nah trus gw kan dapet jatah makan lagi tuh di Nusantara , Wednesday means Indonesian Menu , jadi gw dapet Pempek Palembang as appetizer , Soto Ayam Pamekasan buat soup nya trus Main Course nya enak juga nih , gw dapet Nasi Liwet , Sate Lilit , Kare Labu Siam pake sambal matah dan emping… Dessert nya sih gw lupa… but it was great…. Nah yang UNUSUAL pada Nusantara waktu hari itu adalah… Jadi kan tinggal 5 orang terakhir lagi nih yg belum dapet tempat duduk , sedangkan table yg isinya buat 5 orang udah keisi semua… Tinggal yang sitting capacity nya 4 doank…Akhirnya dibagi lah jadi 3 – 2… Nah gw kebagian yang Cuma 2-an doank ama anak Kitchen semester 2… Ya udah deh gw bilang ke dia “Wah , hari ini kita dapet romantic dinner yaaaa hahaha” bercandaan doank gw… Ya pas gw masuk Nusantara langsung deh pada cie cie… -.-“ dasar… Trus gw dapet table yg di outside.. Sebut saja si anak kitchen itu Mr.Dn… Ya udah gw ajak ngobrol aja tu anak , gw bercandain… Pertama sih dia rada takut2 gimana gitu gara2 gw manager… haha , ya gw bilang aja , wah baru pernah nih gw di Nusantara setable Cuma berdua doank… Nah trus temen gw ngejailin gw lagi “Cie , tomatttt…. Romantic dinner ni…” trus temen gw itu nanya ke si Mr.Dn ini “Ayo donk , kakak manager nya diajak ngobrol , jangan diem aja… Cantik ga tuh?” Trus si Mr.Dn ini cm ngangguk sambil senyum… (apaan siiii si G******) Trus dia bilang lagi “Ehhh , jawab donk , jangan diem2 aja , cantik gaaaa?” Buset dah gw dahgeje aja di situ , apaan siii -.-“ Lalu si Mr.Dn menjawab dengan malu2 “Pastinya , kak….” Eyaaa , semua langsung pada ciye2… -.-“ please d…
Trus kana da Bar waitress nya yang nawarin beverage… Nah gw jailin aja si Mr.Dn ini “So , do u want to treat me a beverage?” Truss i Mr.Dn ini mengiyakan… haha , ya udah gw pesen aja Beverage , dia juga pesen… Udah deh ada temen gw di table sebelah langsung “Ciyeeee Manda ditraktir Beverage..” padahal gw just kidding… Cuma mau nge test doank sih sebenernya gw… haha… Pas dia mengiyakan , ya gw bilang ‘Wow , thank you yah , you are so kind” (karena gw lagi praktek di Room , jadi kebawa harus pake bahasa Inggris melulu” Nah trus abis pesen beverage , gw pura2 ke toilet , padahal beverage nya gw bayar dulu… haha , kan gw Cuma maw nge-test doank… =p
Eh dan ternyata ada yang sirik gw dapet dinner setable 2-an doank =p haha  hayooooh sapa ya… =p
Ga usah sirik kali padahal , biasa aja… Dasar… haha
Nah trus pas udah beres makan , si Mr.Dn ini kan maw bayar beverage , trus gw bilang ‘Udah udah , ga usah koq , udah gw bayar tadi… haha , gw kan tadi Cuma kidding doank koq… tp tq nih udah beneran mau traktiir…” trus dianya malah bilang “Udah kak , gapapa saya aja yang bayarin…” gw bilang ‘Aaah , udah ga usah , udah saya bayar koq tadi… beneran… tq yang for being so kind… I do really appreciate” =) ya udah deh… haha… Nah itu week praktekan waktu gw jadi Ex.House…
Nah lalu di week 10 ini , week yang KEREN banget haha , gw jadi Chief Cashier Nusantara… Operational on Monday was running well , tapi ada satu BJ yang ga disukain ama para manager (banyak sih , Cuma ni salah satunya aja yg kena ama gw) Sebut saja Ms.Y… Jadi pas gw minta Food Bill table number sekian gitu , eh dia malah bilang “Tuh di situ ka.” Great ya , nyuruh manager…
Cuma karena keadaannya lagi hectic banget so gw ga terlalu urusin deh Cuma gw rada kesel aja , ga seharusnya dia gitu… it`s like nyuruh balik atasan lu… Not good , not good… Cuma berhubungan Sabtu-Minggu nya gw abis retreat dan kecapean , udah deh gw lagi males ngurusin tetek bengek gituan… Trus A la carte lagi (biasa kan elaborate or fix menu) nah ini lebih susah soalnya ala carte dan biasanya Restaurant open jam 11-11.30 an , ini ngaret jadi jam 12.15 an buat Lunch nya and Open Sitting which means ampe ada 4th sitting… Gw tuh kebagian 1st sitting , jadi giliran pertama… Nah pas gw ke back area , ada anak kitchen semester 3 (CDP –Chef de Partie) yang suka nanya “Gimana kak , mau pesen apa hari ini , ntar saya kasih yang special deh buat kakak…” (biasa gw kl request yg spesial2 ditawarin ama ni anak sih sebut saja si Mr.Rn , termasuk kl gw pesen A.H Portion juga haha… Nah gw tanya aja “Apa yah yg enak?” and dia suggest , ya udah gw pesen yang dia suggest aja , appetizer nya Pizza 4 Season , soup nya Shrimp Bisque (paling top deh) trus main course nya Beef Escalope Cordon Bleu with side dishes nya Braised Red Cabbage and Mash Potato… Dessert nya gw pesen Peach Melba , nyum nyum… =* enak loooh… haha
Cuma serasa ada yang kurang ni di Nusantara hari ini… zzzz… -.-“ apa yaaa…. Haha…
Trus yang kerennya lagi , Nusantara baru beres Lunch tuh jam 4-an , edun yaaa… baru kali ini gw ngerasain Lunch closing jam 4… haha… And tanpa istirahat tanpa ba bi bu ,langsung Open Restaurant lagi buat Dinner… wow , keren… haha… Habis Lunch langsung Dinner…. Kasian aja tuh yang dapet giliran terkahir pas Lunch trus dapet giliran pertama pas Dinner… Nangis gw kl dapet gitu… haha…
Trus cashier belum balance sih hasilnya , cm berhubung gw ga enak badan , akhirnya gw ijin pulang duluan deh , lagian my brother udah nungguin dia… Ya udah deh gw balik duluan , nyampe rumah tepar lah gw… Kecapean waktu week lalu nyiapin buat acara retreat , kurang tidur juga , trus biasanya weekend gw buat istirahat , ni gw ikut retreat , yah mayan cape juga , tp rame juga koq.. Cuma jadinya badan gw terlalu di forsir , ambruk lah gw… haha
Selasa gw kaga masuk … Cuma anehnya gw udah kurang tidur (ampe mata gw keq panda) , tapi ps mau ditidurin , tetep aja ga bisa tidur , ampe gw dikasi 2 obat tidur , baru lah gw tidur tuh dari Senin subuh ampe jam 11 siang pas hari Selasa nya… Trus ya full istirahat gw juga… biar Rabu masuk gw bisa fit lagi… Trus Rabu gw masuk morning… Teruuus… pas morning , kan para craft pada check grooming ke manager… Nah si Ms.Y inii check grooming ke gw… Menurut para manager , banyak juga yang ga suka ama dia gara2 dia ngerasa dari SMK jadi knowledge nya lebih bagus dari yang laen , jadi pas para craft lagi ditanya manager trus pada ga tau , eh dia kaga ditanya juga jawab (mau sok pinter dia) trus temennya kalo ga bisa dijawab suka diketawain (ya bukan diketawain like HAHAHAHA sih , tp ketawa kecil yang meremehkan…) Ya otomatis para manager ga suka donk , orang kita tuh sama2 belajar di kampus ini , jangan saling mengunderestimate kan… Trus menurut para manager juga attitude nya kurang , suka melongin manager…  Biasa gw kalo check grooming craft jarang marah2 sih haha as long as they are good…. Cuma si Ms.Y ini pas gw tanya , dia kaga bisa jawab , Cuma tau dikit doank and itu udah hari Rabu,,, Ya akhirnya gw nanyanya mulai menaikkan volume suara…. Datanglah para manager laen trus yaaa u know lah , pada bilang “Loh bukannya semua manager juga tau kalo Ms.Y tuh is the smartest one in here , why u can`t answer this?” (Kalo lagi praktek di room kan harus pake Inggris… Ya pokoknya rada di PUSH lah dia… Kita bahas juga attitude nya yang ga ada… Trus ya akhirnya gw bahas yang waktu senin dia nyuruh balik gw yg masalah Food Bill itu , ya udah deh , makin abis aja tu anak… Dan ternyata oh ternyata , dia tuh sering update status tentang praktekan di Twitter ya udah deh makin kena juga ama manager… Ampe ada salah satu temen gw bilang “Heh , gw tuh jarang banget liat si Amanda marah-marah , ni lo bikin dia ampe bisa marahin lo , brarti hebat banget ya lo , udah keterlaluan…” X.X aaaaaa , habis lah tu anak… dan setelah diperiksa Stationary Bag nya , ternyata ga lengkap donk , dia ga bawa Dictionary , ya manager bilang “Oh Great , hebat yaaaa mbaaak , udah pinter Inggris nya  jadi ga perlu kamus lagiiiii!” Yaaa Rules di praktekan room kan must speak in English , jadi sapapun yang ketangkep lagi speak in Bahasa didenda deh… And di hari Rabu ini gw lagi rajin-rajinnya mendenda craft2 gw di cashier… haha… Ada BS yang ampe 4x gw denda haha…. Cuma gw pas udah ke counter gw sih kaga marah-marah lagi… Soalnya pas tadi di Back Office tuh keadaan sudah memanas , banyak manager yang marah-marah =p haha… Soalnya ada 1 craft HK cewe yang dikasi makan di Nusantara dia malah nangis gara2 porsi nya kebanyakan (kan kl makan di sana harus abis… Kalo gw sih makannya banyak , =p jadi enak-enak aja…) Mention aja si anak HK ini tuh Ms.P…. Nah dia kena juga ama para manager di back office…. Kurang lebih manager2 pada bilang “Kenapa kamu dikasi makan di Nusantara malah nangis? Ga bisa ngehargain? Dikasi makan koq malah nangis… Banyak tuh orang di luar sana yang kelaperan minta makanan , ini dikasi makanan malah nangis… Udah knowledge ga ada… Mau ngapain ke sini woooiii….??? Kalo Cuma mau mopping mopping aja sih ga usah sekolah juga bisa… Mbak gw di rumah juga jago tuh mopping… Bersih lagi!!! Ga perlu sekolah2an segala…. Kenapa kamu disuruh makan di Nusantara nangis…” (itu kata2 dari beberapa manager asalnya yah , ga mungkin gw uraikan satu2 haha…. Nah trus kan dia diem aja… Trus ya dibentak lagi ‘Jawab wooiii….” Yeaaa trus dia bilang “Kebanyakan kak”
Trus ya para manager pada bilang lagi “Tuh partner kamu yang cowo tuh sampe ga dapet jatah makan mereka , buat kamu , ni dikasi malah nangis… Kamu pernah kan in charge di cashier… Tau kan tuh harganya per portion tuh makanan berapa… (Ya like what I said before , seorang bisa abis ampe lebih dari 100rb tiap kali makan dan gratis buat kita karena ditanggung kampus , and karena gw lagi in charge di cashier , jadi gw bisa liat harga2nya dan tiap kali open Restaurant tuh bisa habis sekitar 20juta yang dibayarin kampus , soalnya kurang lebih ada 200pax dan bayangkan kampus ngebayarin kita tuh dari Senin ampe Kamis dengan jatah 2x makan , which means 20 juta kali 8 = 160 juta per minggu  yeaaa buat 200 perut sih… That`s why mahasiswi di kampus negeri ini di PUSH dengan sistem “KALO GA BISA DI BINA , MARI DIBINASAKAN… “ Soalnya beda dengan system kampus swasta yang ambil duit dari para mahasiswa , ni kampus negeri , kampus yg ngesubsidi kita and ngedidik kita biar THOUGH makanya gw kaget waktu awal2 masuk ni kampus di PUSH banget haha , tapi ternyata gw ga nyesel setelah masuk sini \m/) Kamu pikir itu harga boong-boongan? Trus kalo itu harga boong-boongan , berarti makanan yang kamu makan juga boong-boongan donk? Ato ga kan kamu di sini mw mopping aja , makanya selera nya juga selera warteg ya , makanan di sini kaga enak ya…”
Ya pokoknya si Ms.P ini habis deh di back office… Ya udah pokoknya setelah gw balik ke counter sih beberapa gw test knowledge juga and yaaaa some are good and some… yaaa , payah lah… Nah ada ni BS yang gw denda ampe 4x gara2 speak in Bahasa , si Mr.Sy… cm gw nagih nya juga pelan2 haha… Jadi pas dia speak in bahasa , gw senyum dan tepuk bahu dia… Sy , don`t forget to pay 1000 yaaa, u speak in bahasa… sambil gw senyum… haha , nah trus pas ke 4x nya itu gw bercandain dia “Oooh , so u r a rich man yaaa… haha…. It would be better to treat me a beverage  than speak in bahasa” soalnya 4x denda dia dah bisa traktir gw beverage di Nusantara… haha… Ya pokoknya si Mr.Sy ni sering gw jailin deh soalnya bodor dia… Knowledge nya juga bagus lagi , salah satu BS favorite gw (bukan berarti gw suka dia , cm gw seneng aja jailin dia , abis lucu sih haha) Udah gitu kalo gw test knowledge biasanya dia emank sering bisa jawab , Cuma nunduk ke bawah aja terus , ga berani natap muka gw apalagi mata gw (duuh kenapa sih ni tiap pada gw test knowledge pada ga berani liat gw…) Kadang suka gw jailin suruh natap muka gw n gw bilang ayo jangan grogi… haha… dan mereka pun jadi BLANK…. Haha , udah nya gw ketawa =p Nah trus gw pas test knowledge dia , gw jailin gini , kana da tuh knowledge kenapa tamu ditolak hotel… Ywda gw tanya “Mention the reasons why the guest being rejected by the Hotel!” Nah kan di salah satu jawabannya tuh ada yang isinya : tamu ditolak hotel karena membawa binatang peliharaan… Nah trus gw tanya ke dia Gimana kalo tamunya bawa ayam? Dan bodornya dia jawab sambil grogi-grogi gitu “Mmm , tergantung kak ,kalo ayam nya masih hidup , ga boleh kak… Tapi kalo bawa nya ayam goreng , boleh kak…” Dan gw langsung ngakak itu ama jawaban dia yg begitu polosnya haha… ampe gw harus diem dulu sejenak buat berenti ketawa , abis ekspresinya bodor banget dan jawabannya juga bodor banget , kepikiran yaa haha , ada2 aja.. Nah trus gw tanya lagi kalo ayam “ayam”? (gw sambil pake gerakan tanda kutip) Nah trus dia jawab lagi “Oooh , ayam Hot Blanket kak? Mmm , boleh kak kalo yang itu” gw tanya ‘Kenapa boleh??” dia jawab lagi “Mmm , soalnya itu bagian dari service hotel kak…” haha… bodor banget dia… Rame deh kalo praktek , ketemu ama orang yang beragam , daripada teori , bosen Cuma duduk manis doank and sometimes dengerin dongeng doank… haha… Trus kan di cashier ada supervisor F&B yang lagi cross training ke Cashier… Nah biasa nya kalo lagi operational tuh gw yang kasih stamp di food bill anak2 FB… otomatis gw yg di depan counter nya… Nah trus ada satu craft F&B yang tiap minta stamp ke gw ,pas gw lagi nge stamp food bill ,dia liatin gw terus sambil senyum2 , sebut saja si Mr.W , nah trus si SPV F&B ini bilang keg w “Wah kak  saya ga terima si mr.W ngeliatin kakak kaya gitu… cerumbu saya nih , wah ga terima ga terima…” Nah trus pas si Mr.W ini datenk lagi buat minta stamp , si SPV F&B ini bilang ‘Heh , kamu ngapain liatin kak Amanda keq gitu…” Ya udah deh gw tahan dulu bill nya trus gw tanya “Kenapa W…?” Dia cm senyum sambil geleng2 kepala… -.-“ zzzz… Nah trus pas Thursday Morning kan Buffet Breakfast tuh , gw sempet kesel ama temen gw (temen deket , temen curhatan gw di kelas sih) , si Mr.Hnsn… Abisnya buffet breakfast pas gw ambil Nasi Goreng ya gw juga ambil nya kira2 kali portion nya , tp dia ngomongnya ke gw kaga enak banget , ya gw jadi kesel lah , kalo mau nge PUSH ke craft lah jangan ke gw soalnya ada manager F&B yang cruhat keg w ‘Beuh , anak2 ngambil portionnya pada irrational semua , tuh keq contohnya yg setable ama elu tuh mat , ngambilnya segunung dia , ga abis lagi…” Ya udah deh , abis makan gw masih uneg2 nih ke temen gw si Mr.Hnsn ini.. Gw samperin lah trus gw bilang ke dia “Sn , ngomongnya bisa kan lebih enak dikit , gw tadi ngambil juga masih rational koq porsinya!” ya udah deh gw back to cashier lagi tp masih uneg2… haha… (Kenapa ya mood gw ni week praktekan ini sedikit tidak stabil , padahal waktu gw jadi Ex.House gw kaga suka negur craft) , mungkin kepengaruh juga praktekan yang week 10 ni cr*ft nya BERANTAKAN… haha and suasana para manager juga lagi memanas karena kejadian ada S*V yang di Briefing Akbar ama para Exc*m and dia ngadu ke pacarnya yg semester atas dan suasana pun memanas karena kelasan man*ger saling nge-back up , waduh parah ni udah di luar batas praktekan soalnya… Cuma pas beres breakfast , gw lagi bikin History of Sales and Summary List ,si Mr.Hnsn datenk ke gw n salaman keg w bilang ‘Sorry ya mat , No Hard Feeling” and yaaa gw juga seneng kita baekan lagi… (Apalagi week depan si Mr.Hnsn ini partner gw jadi Excom , ga lucu kan kalo di antara kita ada hard feeling and dia temen curhat gw juga di kelas , ga enak aja kalo ada hard feeling) Setelah itu gw lega deh , dan kalo gw flash back lagi , waktu semester 1 gw sering ribut ama si Mr,Hnsn ini dan biasanya masih childish jadi suka lamaaaa ributnya… Cuma sekarang , setelah pada balik job dan menempuh proses pendewasaan diri (ciyeee bahasanya berat bu….) kita bisa nyelesaiin hard feeling ini dengan cara yang lebih dewasa… Biasa gw kl ada hard feeling gw pendem aja , and dari sini gw belajar kalo ada hard feeling mending langsung diomongin ke orangnya biar ga salah paham juga akhirnya and malah jadi manjang juga and biar bisa diselesaiin juga sebelum numpuk… great great great deh… =)
Jujur sih gw juga salut ama temen gw ini si Mr.Hnsn kl dl waktu kita semester 1 keq nya dia ga akan datenk ke gw n nyelesaiin ini and sekarang udah berubah juga , sampe akhirnya kita bisa nyelesaiin ini biar ga hard feeling… And dengan kejadian di week praktek 10 ini yang penuh dengan gejolak (haha , lebay , tapi emank iya sih , gejolak banget) semoga kelasa para manager ini jadi makin kompak n solid and bisa saling back-up juga , saling bisa nerima kritikan juga and pokoknya bisa nyelesaiin masalah dengan cara yang lebih dewasa…. =) Tadinya gw ngerasa kelasan gw yang baru pada balik job training ini sudah sedikit terpecah belah , semoga dengan kejadian2 dan gejolak inii , jadi makin kompak n solid deh =) haha… Okei segitu dulu cerita dari gw yang ternyata amat sangat panjang ini… (Mumpung gw lagi rajin nulis n cerita di blog gw ini haha)
Minggu depan UTS… Semangkaaaa deh!!!!! haha

Leave a comment