Innovative Uses of iPad by Hospitality Industry

Sekarang gw bakal ngebahas tentang kegunaan iPad di Hospitality Industry… Secara gitu gw anak perhotelan…
Kalo kita buka situs resmi Apple nampak di situ ada video tentang Hyatt Hotel yang sekarang mengaplikasikan iPad baik dalam operasional mereka mulai dari karyawan-karyawan mereka yang udah pada pake iPad dalam bekerja , Hyatt terus berinovasi dalam penggunaan iPad untuk merampingkan operasi , maksudnya merampingkan operasi di sini berhubungan dengan simplicity , praktis , all in one semua dalam satu gadget yang bernama iPad ini. Bahkan iPad ini dapat melayani tamu dengan lebih praktis karena dapat men-check-in kan tamu melalui iPad , bisa gesek credit card tamu melalui iPad , recognize tanda tangan tamu , bahkan memberikan tamu apllikasi dalam iPad buat order in room dining , menyediakan semua informasi mengenai layanan dan fasilitas hotel beserta biayanya dan juga bisa men-check-out kan tamu melalui iPad.
iPad juga berguna bagi Concierge dalam melayani guests. Kalo ada tamu yang minta di escort ke restaurant , ato tamu yang mau liat fasilitas Hotel , maka Concierge bisa nunjukkin lewat iPad. Lalu bagi Sales team Hyatt , iPad berguna sebagai bahan presentasi atau promosi ke client dalam menjual hotel.

Ga cuma Hyatt , tapi di Amerika dan bahkan seluruh dunia dimana hospitality industry sekarang udah mulai menerapkan penggunaan iPad. Contohnya , beberapa Hotel udah menyediakan iPad sebagai fasilitas dalam Guest Room dimana tamu yang menginap dapat mengakses berbagai informasi melalui iPad. Ga cuma akses informasi , tapi juga bisa order In Room Dinning , Wake Up Call , bisa nentuin kapan kamar mereka mau dibersihin sama Room Boy/ Maid , ngirim pesan ke staff Hotel atau tamu lainnya , pesan layanan penyewaan mobil , pesan tiket pesawat , etc. Tapi biasanya yang nyediain iPad ini hotel-hotel elite , kalo di Amerika sendiri contohnya The Plaza NY , Mondrian Soho NY , Inn Hilton di Penn etc. Tapi tentunya kalo iPad nya diambil sama tamunya , ya tamunya pasti di charge donk , ya sama keq Handuk ato ga Mini Bar nya Hotel deh , kalo kita ambil kan pasti kena charge… Ato ga beberapa hotel sih sengaja nempelinnya di meja biar ga dicuri… Dan keuntungannya untuk hotel itu sendiri , menurut research ni , dengan adanya aplikasi ini dan iPad dalam kamar hotel , orderan In Room Dining naek sebesar 18%. Keq nya karena orang-orang penasaran ama cara kerjanya , jadi aja mereka pesen makanan ato minuman. Keq nya gw juga kl di kamar Hotel ada layanan ini jadinya penasaran trus udahnya pesen makan ato minum cuma coba-coba aja gara-gara penasaran… xixixi =p
Nah ga cuma di kamar tamu aja , tapi di Restaurant nya juga udah mulai diterapin iPad ini , soalnya menu-menu nya udah mulai ditampilkan melalui iPad… Keq nya seru juga gitu kalo menu-menu nya diliat melalui iPad , ada gambarnya , explanationnya gitu , jadi ngiler yang ada😄
Lalu untuk meeting juga berguna , daripada para peserta meeting dikasi kertas note di atas meja meeting mereka , bakalan keren deh kalo ternyata yang disediain tuh iPad… Yah biasa kan kalo di meeting table tuh disediaiinya Notes , ama air mineral wkwkwk… coba kalo ada iPad… wow…

Ni salah satu contoh aplikasi buat reservasi Hotel ato booking hotel lewat iPad



Danai Beach Resort

Contoh lain penerapan iPad di hotel adalah sebuah Resort Mewah di Semenanjung Aegian , Yunani yaitu Danai Beach Resort ,memfasilitasi tamu mereka dengan iPad yang bisa menemani mereka di pool ato pantai. Ya mungkin agak rawan juga kalo kecemplung yaaa , cuma terlepas dari itu , it would be fun kalo bisa baca online magazine / newspaper / novel di atas kolam renang sambil minum Margarita , hmmm , gaya hidup mewah niiiii
Lalu , selain mau ngebahas tentang iPad di Hotel , gw juga mau bahas tentang applikasi apa sih yang berguna n very helpful but kita kalo kita mau booking Hotel????
Ada suatu applikasi yang namanya TripAdvisor🙂.
Apa sih TripAdvisor itu?
TripAdvisor® adalah situs Web wisata terbesar di dunia, yang memungkinkan wisatawan merencanakan dan menikmati perjalanan impian. TripAdvisor menawarkan saran langsung yang terpercaya dari wisatawan serta berbagai pilihan dan fitur perencanaan wisata (termasuk Pencarian penerbangan, TripAdvisor Mobile, dan TripAdvisor Trip Friends) dengan link ringkas ke alat bantu pemesanan. Apapun yang Anda pilih, baik jaringan hotel internasional atau hotel butik yang nyaman, Anda akan mendapatkan ulasan hotel yang objektif dan dapat dipercaya di TripAdvisor. Jutaan wisatawan telah berbagi ulasan jujur mereka tentang hotel, B&B, losmen, dan banyak lagi. Tambahkan ulasan wisata Anda dan bantu wisatawan di seluruh dunia merencanakan dan mewujudkan perjalanan impian. Cari dan pesan hotel yang nyaman dan menyenangkan, atau cari rumah & apartemen liburan yang dapat disewa untuk liburan yang tak terlupakan. Pencarian Penerbangan TripAdvisor akan mencari ribuan kemungkinan rencana perjalanan dan menemukan harga tiket termurah yang paling sering ditampilkan mesin pencari penerbangan online. Download gratis panduan destinasi berwarna untuk mendapatkan saran objektif dari wisatawan lain tentang tempat menginap, restoran, dan objek wisata Kunjungi forum wisata kami yang banyak diminati dan dapatkan jawaban atas semua pertanyaan yang Anda ajukan sebelum meninggalkan forum tersebut.
 
Jadi TripAdvisor ini suatu situs yang isinya suatu Ulasan dari berbagai orang yang udah pernah menikmati fasilitas tersebut , dan ulasan ini jujur , jadinya informasi di sini tuh very helpful deh =)
Nah , dalam hal Advertising sebuah hotel juga , TripAdvisor ini berperan penting juga loh! Mungkin mirip dengan Power of Mouth ya kalo dalam marketing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s