Semester 1 Hotel Administration Student

What has happened to me from my first semester till third semester… Part 1

# Black and White First Semester (2009)

Waktu awal gw masuk kampus ini , shock terapi haha , mulai dari PDSP nya , senioritas nya yg tinggi , sistem praktekan-nya , apalagi kl double shift… Tapi untungnya sistemnya seminggu praktek seminggu teori , jadi ga bosan! haha… Soalnya kalo teori kuliah dari jam 8-4 , trus istirahat jam 11 mpe 1 siang , nah kl udah abis istirahat , dah abis makan , pasti ntr ngantuk banget deh di kelas >.< n mumet juga , untung ada week praktek… Nah gw semester 1 praktek di Kitchen Pastry , semester 2 di Food&Beverage , semester 3 di Room Division….
Waktu semester 1 kita belum pada dapet seragam , jadi pakenya hitam putih deh… hahaha… Udah gitu Greeting is a must… Apalagi kita masih pake item putih >.< Ketauan banget anak barunya , heuheu… Masih muka cupu semua , dan abis PDSP gosong semua hahaha… Belum lagi baju seragamnya yang harus grooming abis n rapi banget… Mulai dari rambut yang harus senantiasa rapi, dan kalau lagi praktek dicepol… Trus seragam juga ga boleh kotor kerahnya sama lengannya alias tiap hari nyuci. Trus rok gw yang harus disetrika setiap saat dan waktu -.-” swt deh… Belum lagi kalau praktek pake stocking dan sepatu pantofel harus rajin disemir… Trus gw sebenernya ga pernah pake dasi, jadi ga bisa n ga tau cara masang dasi tuh gimana. Untung ada si nyet – nyet tah temen deket gw wkt awal masuk😀   Gw inget pertama kali gw bisa masang dasi tuh gara2 diajarin tu anak wkwkwk…
Waktu semester 1 , pertama praktek di kitchen dulu , nah untung temen2 gw kebanyakan di kitchen haha..
  
Rame sih waktu gw praktek di Kitchen , sering diculik ke chiller , tp kl yg laen suruh makan yg aneh2 such as bawang mentah etc , pokoknya yg mentah2 , untungnya gw sering dikasih juice kl breakfast hahaha… Waktu week awal gw di bagian Vegie… Vegie tuh yg bikin soup , side dishes , keq nya seksi paling sibuk… Nah gw waktu itu disuruh motongin wortel bentuk dice d kl ga salah dua-an ama si Faisal, nah ukuran wortel gw ama si Ical beda , jadinya wortel nya ancur… Nah jam 11 kata dosen udah harus beres , ni jam 10 masih motongin wortel gw ama si Ical… Trus pas diperiksa , dosennya bilang deh kalo hasil potongan wortel gw ama si Ical keq potongan gila >.< zzzz… Katanya : “Apa ini , wortel , potongannya dah ga tau apa namanya , potongan gila…” Adeeeuuuhhhh >.< Tapi udahnya gw ma si Ical keketawaan gara2 lihat hasil potongan kita berdua yang hancur… haha… Trus motong bawang juga mpe nangis2 haha…
Kalo di Larder sih lebih nyante kerjaanya coz cm buat appetizer doank… Dan untung gw ga pernah disuruh bersihin ayam , ikan etc hahahaha… Paling males kalo disuruh ke store , soalnya suka di-test knowledge ma senior… haha… Nah waktu di Sauce gw pernah disuruh motong ati sapi , heuuu >.< fresh from the chiller >.< masih dingin banget , trus pas gw angkat , darahnya ngucur , weeeqqqssss… pas gw pegang , kenyal kenyal , trus keq ada cacingnya gitu… Ya Tuhan… gw harus motong2 ati sapi bentuk cube… Dan gw iseng lagi , gw cium baunya… weeeqqqsss… Nah pas udah beres dimasaknya , kan bikin sambal goreng ati , pas gw makan , baunya ga jauh beda ama yg mentah , heeuuu , eneg banget , tp harus abis , kl ga dimarahin senior… Ya Tuhan , kenapa tadi harus gw cium segala baunya… >.< Tapi rame deh di Kitchen , banyak picking juga haha… Trus waktu itu sempet anak2 Kitchen pada masak2 di rumah gw… 2x sih… Yang masak anak kitchen , yang makan anak Hoa =p haha… bcanda… Pertama kali masak Cream of Spinach Soup , Fetucinni , Chicken Chasseur… Sayang spinach soup nya keasinan , abis yg ngebumbuinnya pengen kawin sih… haha… ooopsss  sapa ya? Trus kedua kali sih bikin apa yah gw lupa , tapi menunya chicken lagi haha… Yang cape tuh bersihin dapur di rumah gw nya hahaha… Trus sempet diajarin bikin Sushi juga gw ma temen gw yg anak Kitchen… haha…
 
And then Rolling gw ke Pastry , kl di Pastry lebih nyante kerjaanya , malah kl dah beres disuruh missing haha… Di pastry agaknya gw sedikit melar hahaha… Soalnya ampir tiap hari gw picking coklat , cakes , puding , ice cream… Kadang ada leftover , ama senior gw , sering dikasih puding , ice cream , coklat , adonan tartlets… Walaupun gw pecinta coklat n ice cream n sekarang sering makan ice cream , tp kl tiap hari dikasih banyak jg melar gw hahahaha… Tp rame deh banyak picking nya haha… Trus gw juga diajarin bikin Bircher Muesli di pastry… trus sempet gw praktekin di rumah , tuh gambarnya di samping… Bircher Muesli tuh asalnya dari Jerman deh kalo ga salah… Ada 10 bahan pokoknya deh… Oatmeal , Yoghurt , Almond , Fruit Cocktail , Milk , Lemon etc… Yang pasti sih enak menurut gw hahaha… Ya pokoknya selama di pastry gw naek beberapa kilo deh hahaha… Soalnya makannya manis2 mulu, udah gitu kerjaan gw cuma missing , trus bikin Butter Rossete , kalo lagi missing , makan bakso haha… Udah nya maem lagi di Nusantara… Jadi males gerak =p
Ni foto di atas penuh dengan kenangan… Anak-anak kelasan gw pada shock pasca gempa yang menimpa Bandung di tahun 2009 yang mengakibatkan kampus sedikit bobrok #lebaiii…. Ya jadi waktu 2009 sempat ada gempa yang lumayan besar di Bandung… Waktu itu gw lagi di kelas, lagi mata kuliah Kewarganegaraan kalo ga salah… Itu udah sore-sore, ngantuuuuuk banget, tapi ga bisa tidur… Temen sebelah gw, si Hansen udah asik aja dia tidur… Gw ga bisa tidur soalnya salah satu murid perhatian dosen gw ni >.< swt deh -.-”  Kebetulan dia pasang proyektor, otomatis gorden ditutup dah, dah gitu suasannya mendung-mendung, mendukung suasana buat tidur… Tapi tiba-tiba gw heran, loh koq mejanya goyang-goyang ya… Ga lama kemudian temen gw ada yang ngejerit, GEMPAAAA GEMPAAA…. dan kelas pun langsung heboh… Ada temen gw si David dan Aji rebutan sembunyi di bawah kolong meja noooh… Padahal banyak meja , kenapa mereka rebutan coba? hahaha kocak sih kalo diinget, tapi waktu itu suasannya emank panik banget. Untungnya kita ada di lantai 2 kelasnya. Nah pas gw liat ke luar jendela, gw liat atap bangunan sebelah gw (tepatnya atap BO anak room depan kolam ikan) roboh! Makin horor ajalah gw… dan semua pun menjerit histeris #lebai… haha… Tapi edunnya dosen gw bukannya nyuruh kita keluar , malah suruh ke pojok semua… eaaa , trus ntr kalo bangunannya roboh kita semua di pojok ketimpa gitu? konyol dah… wkwkwk… Untungnya ada dosen lagi yang segera membukakan pintu kelas dan menyuruh kita semua keluar… Kita semua pun rebutan lari… Tu kelas kita udah goyang-goyang aja horror… Untungnya bangunannya ga roboh, cuma atap doank yang roboh…. haha… dan pasca gempa, kita pun berfoto ria dengan muka anak-anak yang pada shock habis terkena serangan jantung.. Noooh fotonya di atas… wkwkwk…
Trus di semester 1 ada acara Gathering Together di Kinder Dorf Lembang… Kalo ngomong Kinder Dorf , gw jadi inget waktu SMA gw ada acara pelatihan gitu buat jadi OSIS , wajib haha.. Tadinya gw dah ga maw ikut , tp berhubung wajib , mau ga mau dah… Waktu GT gw ngisi acara jadi peran kelinci deh , heuuu , harus pamer gigi jadinya , maleeeeuuussss d…. >.< trus yg waktu acara nominasi2 , gw kabur , pura2 tidur , abisnya gw salah satu yg ternominasi heuu… >.< Ntar dikomentar2in maleeeeuuusss d… Dan paginya gw dah maen mabur aja , kl ga salah ada ujian gt ya di CCF soalnya haha… eh gaq tau nya temen gw pada dimarah2in senior dl , walaupun maen2 sih akhirnya… =p
 
Trus acara Buka bareng di Puri Setiabudi… Waktu ntu kerjaan gw foto2 mulu ma anak2 haha… Trus kupon makan gw ilang , jd pas mw ngambil makan di-reject donk donk donk… tp untungnya berhasil ditemukan , yipiiieee….
Trus waktu liburan dari semester 1 ke semester 2, anak2 kelasan gw pada ngajakin ke dufan , walaupun akhirnya cm beberapa orang doank yang pergi sih >.< Di sana gw maen Tornado , Kicir2 berapa kali deh tapi ga eneg2 haha… Jd pgn lagi ksana >.<
 
  
Akhirnya semester 1 ini dapat dijalani dengan lancar di kampus yang penuh dengan tantangan ini… Senioritasnya yang tinggi, praktek nya yang melelahkan, tapi juga dapet temen n dapet banyak knowledge and also experiences tentunya… Totally different with my high school!!! lol…

Leave a Reply

