Hotel Concept Originally from Amanda`s Idea with Marketing Mix Strategy

Honestly saying , 2 hari belakangan ini otak gw dipenuhi dengan yang namanya Marketing Mix. Jadi daripada kebawa mimpi terus , gw salurkan deh dengan membuat suatu example penerapan suatu marketing mix suatu paket produk hotel yang gw buat sendiri… Imaginate sedikit gpp lha ya =p

Jadi misalnya nih ada suatu hotel baru , gw kasih nama aja Amanda Brownies Hotel. (ngeyel dikit =p ) Like what Martin Soler say that The reality is that if you have a unique product, the chances of people talking about your brand increase dramatically.” Nah gw bakal bikin suatu produk yang unik yang berbeda dan belum pernah ada… Inspirasi dan ide nya baru gw dapatkan pagi ini haha… Nah apa yang unik dari hotel khayalan gw ini? Di konsepnya gw bakal nawarin not only room , food&beverage ama minor operating department yang biasa dijual hotel lah (standard banget itu) tapi juga design kamarnya yang furniture , suasana mulai dari lobby , semua fasilitas, kamar nya keq brownies or chocolate gitu , jadi pengharum ruangannya juga wangi coklat (tapi coklat yang enak n soft ya , enggak yang giung) lagian sapa juga yang enggak suka chocolate , kalo gw sih nyium baunya aja udah ngiler haha… Dan seperti yang gw baca dari http://www.hotelmarketingstrategies.com/soler-opening-a-hotel/ , kata Martin Soler Great design always generates more buzz. Each of these areas can play a role in differentiating your property, making it stand apart from the competition Jadi gw pikir dengan konsep di atas tadi , bisa bikin hotel imagination gw ini unique…

   

Selain Design yang unik juga gw offering produk Brownies , all kind of brownies yang paling enak yang ga bakal ditemuin di belahan dunia manapun , yang bakal disediain juga in every single room yang ada di hotel gw ini , kan kalo biasanya di kamar-kamar tuh disediainnya tuh buah-buah an buat welcome nya , nah kalo ini brownies. Guest nya bisa request dulu mau brownies apa , brownies kukus , brownies panggang , apapun deh and dia juga kalo ada special request misalnya mau brownies pake buah berry , bisaaa…. Si Pastry Chef di hotel gw ini gw cari yang kreatif dan bisa memenuhi expectation tamu , bisa satisfied request mereka deh… Jadi pastry department di hotel gw berperan amat sangat penting. Selaen itu juga coffee shop ama cake shop nya salah satu department yang bakal gw kasih concern khusus karena bisa aja buat local guest yang ga mau nginep , mereka cuma mau enjoy brownies hotel gw yang terkenal itu wkwkwkwk… Trus personal service nya juga yang excellent deh. Sebagai salah satu physical evidence juga dari hotel gw , seragam para staff nya gw buat unique sesuai dengan tema hotel gw , tapi ga norak , jadi masih terlihat elegant… (designnya gimana itu urusan designer yang ntar gw sewa deh wkwkwk). Salah satu yang bakal gw terapkan buat impress tamu dalam sales process tuh personal relationshipnya. Gw mau supaya semua staff gw ngebuat semua tamu gw ngerasa kaya yang diingat and kita juga tau apa kesukaan mereka , apa yang mereka ga suka. (maksudnya tuh personal recognition for returning guest)

Nah trus untuk Place ato saluran distribusi , gw bakal kerja sama juga ama pihak travel agent buat ngebawa para tourist at least kalo mereka ga nginep di hotel gw , ya datenk berkunjung ke hotel gw dengan modus ni hotel brownies , unique gitu… Lokasinya ya baru di Bandung aja deh , jadi lumayan kan kalo ada tourist dari Jakarta datenk bisa buat oleh-oleh mereka beli brownies di hotel gw… wkwkwk… Kalo ga nginep pun at least penjualan brownies gw banyak gitu and bisa membangun image yang bagus buat proses marketing hotel gw by word of mouth… Yaaa pokoknya kerja sama ama travel agent dengan harga yang lebih murah dan more benefit , tp gw jatah cuma 20% aja untuk room nya , kalo gw kasih 80% sih ARR hotel gw yang kecil donk… jadi 20 is enough I think… Trus sama beberapa company online booking juga such as Agoda etc…

Nah kalo untuk penetapan harga sendiri ya seperti di hotel-hotel lah , ada tax &service 21% dan yang gw bakal cantumin harga exclude nya , tapi tetep gw note *exclude tax&service , kl harga net biasanya suka keliatan mahal banget gitu… Ntar konsumen gw pada kabur liat harganya… Untuk harga kamarnya gw tentuin yang paling murah tuh Rp.999.000,++ include breakfast for 2 persons. Ya detailnya buat pricing pricing biar Accounting Department deh yang ngurusin spesifiknya… =p

Lanjut ke people… Kalo untuk para staffnya sendiri gw suruh HR Department decide kalo beberapa department emank lebih untung pake outsourcing , gw suruh mereka pake outsourcing… Tapi kalo untuk Department2 yang vital , ya harus rekrut permanent staff dengan kualifikasi tinggi alias high qualification… Nah department yang vital tuh contoh Pastry Department di hotel gw vital tuh , pokoknya F&B Department nya vital deh… dan tentunya orang-orang back office nya juga… Yang mungkin bisa outsourcing tuh Housekeeping , Security , Engineering… Dan untuk konsumen gw sendiri segmentasi pasarnya tuh lebih ke orang-orang yang tujuan datenk ke sini bukan buat business , tapi lebih ke konsep wisata or leisure , jadi sasaran gw itu family guest , ato orang-orang yang emank mau enjoy their weekend here , jadi high season di hotel gw tuh pas weekend , jadi untuk weekday gw suruh Marketing Department bikin package with attracting benefit.

Nah trus ini kan ceritanya hotelnya belum buka nih , still in process… Tapi gw bakal menerapkan ilmu Martin Soler yang menyarankan buat build online pre-opening buzz 6 bulan sebelum opening. Bisa melalui social network such as Facebook ,Twitter etc sebagai saluran distribusinya juga. Tujuannya buat ngejual ato ngasih bayangan seperti apa sih hotel gw nanti… Like Martin Soler say “to sell the dream of what the property will look like.”

Untuk advertising nya sendiri gw bakal lebih gencar advertise di internet baik di social network , blog , direct mail… Trus website hotel gw sendiri harus unique designnya , featured allowed nya bakal gw increase keq contohnya security for reservations and credit card processing , real time database linking trus daily back ups etc trus juga gw bakal increase service levelnya hosting service website hotel gw biar hosting fee yang gw dapet juga banyak… Jadi sistem reservasi di hotel gw bisa melalui online reservation.

I think that`s all… Thank you for reading… =) Originally from Amanda Deviana`s Brain loh!!! =p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s