Behind the succession of Apple Products

Apple products , kesan pertamanya pasti suatu produk yang bagus , design futuristik , inovasi terdepan , lain dari yang lain dan selalu tampil memukau dan juga harga yang mahal >.< jelek buntutnya…
Kenapa sih apple products tuh bisa sukses di pasaran? Konsep marketingnya yang bagus kah sampai bisa menanamkan `image` yang wah ketika kita denger apple products? Inovasi nya yang selalu bikin kita terpukau kah , koq ada yah product yang diciptakan keq gini… Kadang gw suka kepikiran “koq bisa kepikiran sih bikin product keq gini????” (wonder)
Gw punya kesimpulan sih dia berhasil menanamkan image yang dia mau ke kita…
Contohnya keq Aqua… Tiap kali beli air mineral , pasti ngomongnya Aqua , bukan nya Ades ato VIT (branding banget siii =p ) Sekali di otak kita udah ditanemin `image` yang dia mau , pasti bakal kebawa terus… Contoh lainnya Odol… mau kita akhirnya beli Pepsodent keq ato Kodomo ( gw kadang pake Kodomo loh hahaha , ada rasanya sih enak , keq makan permen hahahaha) tapi yang kita ucapin pasti “Eh mau beli Odol ni gw” padahal belinya Kodomo wkwkwk =p
Eh ngomong-ngomong yang gw tulis di atas tuh branding semua… produknya apa gitu? gw belum bilang loh kalo Odol , Pepsodent , Kodomo tuh pasta gigi… haha , tapi pasti di otak kita , once gw mention them , pasti udah kebayang pasta gigi kan… Ya itulah salah satu teknik marketing yang berhasil…

Lalu , apa sih yang bikin Apple Inc. ini berhasil dalam marketing nya? There must be something behind this…
Kalo kita talking about Steve Jobs pun pasti yang ada di otak kita adalah Apple products , ya gak?
Siapa sih Steve Jobs itu? Ada yang bilang Steve Jobs tuh founder and CEO Apple Inc… Betul koq… Tapi untuk some people , he`s more than that…
Kmaren-kmaren gw baca sebuah artikel menarik tentang sosok Steve Jobs , kl mau baca link nya click ini nih : TKP Artikelnya😉
Di situ ditulis pemikiran Steve Jobs yang beda dari yang laen , keq contohnya di saat teori-teori marketing bilang supaya produsen membuat banyak produk supaya market yang ada bisa dieksploitasi , tapi Steve Jobs berkata lain! Kalo too much products cuma bakal bikin bingung konsumen… Iya juga sih , gw sometimes kalo Product nya terlalu banyak apalagi kurang lebih mirip-mirip spesifikasinya , udah deh lieur @.@. Trus di saat buku-buku marketing said buat ngasih apa yang konsumen mau , Steve Jobs ga nolak siiih , tapi ada 1 hal yang penting yang dilewatkan sama yang lain , which is selain ngasih apa yg konsumen mau , produsen juga harus bisa ngasih inovasi yang ga pernah kepikiran sama konsumen , harus bisa kasih inspirasi buat konsumen , ide yang sebelumnya ga pernah terbayangkan… Itulah yang membuat products apple selalu berhasil.
Dosen marketing gw juga,  Pa Wientor Rah Mada😉 , beliau pernah ngajarin gw supaya memberikan apa yang sebelumnya ga pernah kepikiran sama konsumen… Dia kasih contoh gini nih… Kan di kelas gw , si Oppa pake iPhone 3G deh kalo ga salah… Nah , beliau nanya “Kalo ada iPhone 4 ato iPhone 5 deh , lu maunya yang kaya gimana? Mau ada tambahan apa?” Ya kalo kita ditanya hal yang sama juga , keq contohnya kita punya gadget yang menurut kita udah the latest version , saat ditanya kalo ada newest version , maunya ada kelebihan apalagi… Ya paling jawabannya paling mentok juga upgrade-an dari versi sebelumnya… Nah kalo oom Steve Jobs , dia mampu menjawabnya , ga cuma jawaban yang upgrade-an doank , tapi mampu ngasi apa yang ga kepikiran sama kita… Ide nya itu loh yang `baru`… Sehingga saat produk baru keluaran Steve Jobs , barulah di saat itu kita mikir “Whew , koq ada yang gadget yang canggih gini… Koq kepikiran siiih?” Ya kurang lebih itu yang bakal jadi tanggepan kita…
Jadi oom Steve Jobs ini berperan amat penting ama sukses nya produk apple… =)
Itu sih menurut gw…😄

Nah lalu pasti ada hal-hal pendukungnya juga donk suksesnya produk apple…
Kalo gw liat dari konsep Marketing Mix nya Apple Inc. yang inovatif , gw punya kesimpulan begini nih… :

1. PRODUCT

Apa sih yang konsumen butuhin ato mau dari Apple Products?

– Laptop , Dekstop , Notebook

– Suatu Gadget yang simple , ringan , designnya keren yang bisa memenuhi kebutuhan entertainment mulai dari  dengerin musik , photo viewing dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih , video buat nonton film dengan kemampuan grafis yang ga macet-macet , trus juga bisa dipake maen game tanpa harus macet-macet grafis nya , trus built in camera yang hasilnya bagus dan lebih bagus lagi kalo bisa diedit-edit dengan simple ga pake ribet , trus bisa surfing ke internet tapi tampilannya keq kalo kita online di laptop bukan di HP , trus bisa dipake buat kerja juga keq bisa working with Words , Excell , Power Point etc , bisa dipake nelpon juga… Pokoknya 1 simple gadget yang multifungsi dan gampang dibawa kemana-mana… Menurut gw itulah apa yang lagi dipengenin ama orang banyak…

Beberapa produk Apple tuh ada Macbook , iPod , iTunes , iPad , iMac , iPhone etc…

Lalu untuk iPad sendiri dengan fungsi multi touch nya yang cepat dan responsif banget beserta tag line nya sendiri yang berbunyi `A magical and Revolutionary product` , product baru dari Apple ini terus berinovasi dengan munculnya iPad 2 yang lebih lengkap dari iPad sesepuhnya , bahkan ada rumor baru tentang iPad 3 yang bakal lebih canggih lagi pastinya… Kalo menurut gw , inovasi dari iPad sendiri sebenernya dari segi Lifestyle-nya aja soalnya kl secara teknologi , cuma upgrade-an iPhone doank… Tapi kalo Lifestyle sih gw pikir iya dia inovasi dalam hal itu , why? Soalnya kalo menurut gw dia berhasil bikin target pasaran yang baru…
Maksudnya target baru?
Kalo menurut gw niiii , iPad tuh lebih cenderung membuat konsep gadget yang digital daripada high tech…
Why digital?

Kalo dulu kita repot deh harus bawa banyak buku , koran , majalah , novel , just name it… Tapi dengan iPad? Ada e-Book dalam bentuk iBooks…Trus kalo dulu kita mau denger musik , harus pake radio , ato lebih canggih lagi walkman , discman dan terakhir mp3 lalu ke iPod… dengan iPad? Kita bisa denger musik baik dari radio ato dari data2 lagu yang udah kita masukin ke iPad , jadi ga usah repot-repot bawa kaset ato CD yang banyak lagi… Trus kalo kita mau nonton TV ato film? Harus bawa TV (ribet deh) ato ga DVD portable , tapi dengan iPad? Cukup bawa iPad kita bisa nonton TV dengan berbagai siaran , bisa nonton film juga asal ada file nya… Trus dulu kalo kita mau maen game? Dulluuuuu banget gw inget deh , waktu kecil kalo maen game di Nintendo haha… Maen Mario Bross , Pacman , Bomberman , Tetris… (mengenang masa-masa dulu ni jadinya heuheu) trus muncul Sega , trus muncul lagi Playstation yang rasanya tuh udah wah banget… Dan kian berkembang sampe PSP… Tapi dengan iPad? Kita bisa maen game yang lebih animatif trus udah gitu touch screen lagi , kurang canggih apa coba?Trus kalo mau internetan? Ga usah repot lagi karena di iPad udah bisa internetan dan keq kalo kita internetan di laptop , bukan di HP…

 

Jadi menurut gw konsep nya lebih ke satu simple gadget yang bisa memenuhi semua kebutuhan mulai dari anak-anak sampai lansia mulai dari yang gaptek sampe yg dah tinggal merem aja ama teknologi😄

Semua kebutuhan mulai dari buku , musik , film , games , internet ada di satu gadget yang keren ini… Jadi untuk urusan lifestyle , menurut gw tag line nya dia yg berbunyi magical and revolutionary , gw setuju deh…
Produk Apple sendiri bersaing dengan Android , tapi karena `image` ekslusive nya yang udah dia tanem ke otak kita , sometimes walaupun produk Android lebih unggul sedikit spesifikasinya , tapi Apple emank udah punya target market sendiri dimana beberapa pihak tetep willing to pay more demi Apple , karena di otak mereka emank Apple lah yang the best… Atau bahkan karena iPad tuh revolusioner di bidang ini , bisa-bisa ntar keq yang gw bilang soal Aqua atau Odol… Ntar bisa-bisa Samsung juga dibilangnya iPad…

2. PLACE
Kalo menurut gw , kita harus bisa baca siapa target market kita biar efisien…
Kalo untuk produk apple sendiri , menurut gw target marketnya tuh orang-orang yang pengen up to date sama teknologi , pokoknya latest technology tuh is a must item deh buat orang-orang ini , trus juga orang-orang yang butuh koneksi all the time biar dapet the latest news , orang-orang yang butuh entertainment tingkat tinggi , profesional2 yang tingkat mobilitasnya tinggi jadi mereka butuh suatu gagdet simple yang mewakili semua kebutuhan mereka , trus juga orang-orang yang butuh gengsi karena mereka mau bayar lebih buat beli Apple products padahal banyak pesaingnya yang menawarkan harga lebih murah dengan spesifikasi yang ga kalah bagus…
Jadi intinya sasaran iPad ini untuk orang-orang yang sering bepergian jadi ni gadget ga ribet buat dibawa kemana-mana daripada bawa laptop yang berat dan besar juga , trus orang-orang yang up to date soal news , yang suka autis sama media digital such as game or movie etc , simple or butuh sesuatu yang praktis , dan yang terakhir yang ga kalah penting tuh apple minded… Tapi… (ada tapinya nih) Kalo di Indonesia sendiri , jujur aja menurut gw fasilitas WiFi kurang memadai… Jadi harus mikir 2x deh sebelum beli iPad , apa di lingkungannya fasilitas WiFi nya memadai ato ga. Kalo buat gw sendiri sih gw mikir 2x… Secara di kampus sekarang udah ga bisa WiFi-an :`( Hwaaaaa…. Waktu beberapa bulan lalu sih enak bisa WiFi-an toh gw udah minta password n username nya juga , tapi tiba-tiba pada suatu hari , gw enggak bisa WiFi-an lagi , what the…..!!! And anak-anak kelasan gw juga pada complain ternyata mereka ga bisa login buat WiFian juga… Yaaaaah , susah deh… Kalo di Singapore kan enak udah ke cover WiFi semua tuh satu negara , walaupun kata temen gw rada lemot juga sih Wifi-nya (katanya) haha. Nah trus gimana dengan yang 3G? buat pake yang 3G harus ada micro simcard , yang sayangnya belum ada di Indo! #eeeaaaa….

3. PRICE

Kalo menurut gw sih soal harga yaaaa mayan mahal juga… Keq nya kalo Apple tuh bukan tipe yang saingan harga deh, dia sih kalo ngeluarin produk ya PEDE aja mau kasih harga berapa juga… Tapi biasanya waktu awal Launching harganya tinggi , trus ntar menurun slow but sure kl dah agak lama… Tapi biasanya elektronik sih gitu , ntar kl udah beberapa bulan juga udah turun sendiri soalnya keluar lagi yang baru , cepet turunnya sih kl menurut gw… Kalo untuk iPad sendiri sih harganya termasuk fleksibel tergantung respond dari konsumennya sendiri , kl respondnya kurang bagus ya dia mau turun harga juga fleksibel2 aja. Tapi yang gw kurang ngerti tuh apa karena di Indonesia aja , jadi rasanya tuh harganya mahal… Soalnya waktu kmaren-kmaren , temen gw dari Singapore kan lagi liburan di Indo and…. ya udah maen lah kita dan dia cerita kalo di Singapore tuh sekarang lagi beken program contract/planning gitu, jadi beli produk Apple tapi bisa dicicil gitu… Gw juga kurang ngerti program nya gimana , tapi dari cerita dia , dia bilang dia beli iPhone trus bayarnya dicicil deh murah , setahun gitu yah dan nanti kalo ada kerusakan sebelum setahun itu , boleh datenk ke Apple store nya buat dituker yang baru , jadi temennya dia pernah , masa nyicilnya dah ampir abis ni , nah dia datenk aja ke  Apple Store nya bilang kalo ada kerusakan apa gitu , entah sering restart sendiri ato apa , nah langsung deh diganti and dia dapet produk yang baru , padahal belinya tahun lalu… Dan katanya , si mbak (emanknya di Indo ama si mbak-mbak… ya pokoknya si orang yang ngelayaninnya) dia ga meriksa ato nge check lagi , langsung dikasi aja yang baru… Dapet deh iPhone yang baru… And katanya di Singapore sih lagi booming iPhone , orang-orang sana katanya udah ga pake BB lagi,,, Itu sekilas cerita dari temen gw… Nah yang gw heran kenapa ya mereka dengan mudahnya ganti aja yang baru… Ga ngerti deh gw… Ada yang bisa menjawab???
Nah kalo untuk iPad sendiri harganya sekitar $429-$829…
Tapiiiii….. pinternya Steve Jobs sekali lagi… dia udah bikin Apple Application Store yang terus didevelopt… Kan kalo beli buku , ya sayang juga gitu apalagi dengan kondisi hutan sekarang yang pohon dah mau abis ditebangin tapi kalo e-Book kan ga harus nebang pohon (get what I mean?) trus kalo CD musik tuh termasuk bahan yang susah diurai jadi kalo di iTunes ga usah ngerusak bumi ini dengan sesuatu yang susah diurai… Nah dengan ini , seperti yang tadi dah gw bilang , ada target pasaran baru yaitu orang-orang yang beli iPad tuh mau ga mau harus beli applikasi dari Apple Application Store dan hebatnya lagi , mereka lah yang menanamkan persepsi kalo kita butuh itu jadi mau ga mau kita beli deh… (prok prok prok… give applause)
Jadi iPad tuh cuma perantara aja supaya kita beli aplikasi mereka… Trus ini salah satu alasan kenapa ga ada flash di iPad or Apple products… Secara gitu flash tuh bisa bikin kita pake program , games gratisan lhaaaa ntar Store nya useless donk…. Jadi kalo menurut gw sasaran utama nya tuh orang-orang yang Apple minded , Apple oriented deh… dah itu aja titik ga pake koma…😄

4. PROMOTION

Gimana cara Apple mempromosikan iPad? Well , seperti yang udah kita tau , sekarang tuh jamannya digital , yang namanya internet udah merupakan suatu kebutuhan kalo menurut gw… Jadi udah banyak iklan-iklan yang dipasang di internet daripada di media lama such as koran gitu yaaa walaupun di situ juga advertising ga bisa dibilang `mati` banget… Jadi kalo menurut gw , mereka pasang Advertising di internet. Selain iklan di TV ato koran ato majalah , Apple juga bikin video yang dipasang sebagai Advertising di berbagai web. Selain video , iPad review juga senjata ampuh buat promosiin iPad… Dan juga dengan dipajangnya iPad di depan Apple Store yang lokasinya ada kurang lebih 200 retail Store di seluruh dunia ini juga cara ampuh buat promosiin iPad mereka. Kalo di pajang di depan orang-orang kan pasti penasaran… Udah gitu untuk tiap-tiap target market juga , Apple bikin video advertising yang berbeda-beda… Contohnya untuk orang-orang kantoran ato pebisnis , di videonya iklannya tuh menekankan tentang pentingnya and usefullnya iPad bantu dia berbisnis ria ato ga pentingnya iPad buat orang-orang kerja. Trus kalo target marketnya teenagers juga advertising video nya beda , buat student juga beda…. Ga kalah pentingnya juga , Steve Jobs sendiri yang promosi pentingnya iPad buat semua kalangan , gimana iPad bisa menggantikan gadget-gadget yang laen etc…

Leave a Reply

