//
you're reading...
Cintai Indonesia, Food for your Brain

Marketing Mix

Okay , blog gw kali ini bakalan ngebahas tentang Marketing Mix yang diterapkan di Hotel which is kalo hotel itu industry jasa. Kenapa Hotel itu termasuk industry jasa? Soalnya produk hotel yang ditawarkan tuh tidak berwujud alias tidak keliatan , cuma bisa dirasakan ama tamu n karyawan. Makanya konsep marketing mix yang dipake di hotel-hotel juga beda sama yang dipake di perusahaan-perusahaan laen.  Soalnya Marketing Mix yang dipake buat industry jasa beda ama yang dipake buat industry barang. Kenapa beda? Eh iya , sebelumnya gw bakal jelasin dulu tentang Marketing Mix itu sendiri. Kalo Marketing itu sendiri tuh proses dari nentuin produk/jasa yang mau dijual , kita tentuin juga harganya and cara-cara yang efektif buat promosiinnya trus gimana kita distribusiin tuh barang/jasa buat konsumen sesuai dengan kebutuhannya , keinginan dan ekspektasi mereka. Pokoknya marketing tuh yang jadi jembatan penghubung antara produsen ama konsumen. Nah kalo marketing mix tuh marketing yang udah modern deh ,sekarang kan jaman udah berubah juga , jadi marketing yang sifatnya dinamis itu ikut berubah juga nyesuaiin ama jaman. Marketing mix tuh kombinasi dari unsur-unsur atau tools atau alat yang dipake produsen biar hasil produksi mereka (bisa berupa barang bisa berupa jasa) bisa nyampe tepat sesuai sasaran ke konsumen yang tepat. Kenapa harus konsumen yang tepat? Coba aja bayangin kalo kita mau promosiin produk misalnya susu bayi tapi kita promosiinnya ke mahasiswa ato ga pelajar , ya ga akan ada yang beli lah (ada sih kalo yang M.B.A) =p tapi kan itu ga efektif , produsen udah ngeluarin banyak (baik effort , money , ide) buat advertising & promotion eh tapi salah sasaran promosinya , rugi donk jadinya… Nah ini salah satu gunanya tools di marketing mix, biar bisa nyampe tepat sasaran, ke konsumen yang emank butuh dan berpotensi buat beli produk kita ato ga beli jasa kita juga, jadi efektif deh pokoknya… Makanya di salah satu tools itu ada segmentasi konsumen yang ngeklasifikasiin konsumen yang heterogen alias beragam jadi homogen (maksudnya homogen di sini tuh punya kebutuhan ato permintaan akan suatu barang/jasa yang sama) , keq misalnya kosmetik ya sasarannya ibu-ibu ato ga cewe-cewe yang kisaran umurnya 17+ nah ini maksudnya segmentasi. Lebih spesifikasi lagi kalo kita mau jual jasa cuci mobil , ya promosiinnya ke orang yang emank punya mobil , lha kalo kita promosiinnya ke abang-abang becak , apanya yang mau dicuci , wkwkwk… Oke , ngerti lah yah kurang lebih…

Nah , dari tadi kita bahas tools , tools , tools di marketing mix. Apa aja tools nya itu? Bakalan gw bahas tapi setelah gw jelasin dulu perbedaan industry jasa and barang (goods) soalnya toolsnya juga beda… Kalo di industry barang tools nya tuh 4P which are : Product, Price, Place dan Promotion , nah kalo industry jasa ada yang bilang 7P , ada yang bilang 8P , which are : Product, Place (Cyberspace and Time), Price, Promotion, Process, Productivity and Quality, People, Physical evidence. Kalo di industry jasa tuh konsumen tuh sentralnya , bukan objeknya. Kalo di industry barang , lebih ke bentuk transaksi , beda ama industry jasa yang bentuknya lebih ke relationship ato hubungan relasi yang harus dibina dengan baik supaya konsumen puas dan efeknya biar mereka jadi pelanggan. Nah cara promosiinnya juga beda antara jasa ama barang , soalnya kan produknya kalo barang tuh keliatan gitu , ato berwujud , sedangkan kalo jasa tuh ga keliatan , bisanya kita rasain aja gitu… Makanya cara promosiinnya juga beda. Harus pinter-pinternya kita aja mikirin gimana caranya promosiin jasa kita buat ngasih tau ke konsumen apa yang kita tawarin , apa manfaatnya buat mereka kalo pake jasa kita dan apa untungnya ato lebihnya pake jasa kita dibandingin ama pesaing kita , gimana cara ngasih tau ke mereka kalo jasa yang kita tawarin tuh is the best lah… Trus gimana cara kita membangun hubungan yang baik ama konsumen biar mereka jadi pelanggan kita and ga kecewa ama pelayanan kita , jadi mereka mau pake jasa kita terus.Makanya cara promosiin produk jasa tuh beda ama produk barang. Kalo disamain sih , promosinya ga bakalan efektif. Pokoknya perbedaan yang paling mencolok tuh kalo barang keliatan , kalo jasa ga berwujud alias ga keliatan , jasa tuh lebih ke proses gitu…. Perbedaan yang laennya tuh keterlibatan konsumen. Kalo produk barang tuh konsumen lebih ke dalam bentuk transaksi doank , jadi konsumen lebih banyak berinteraksi ama barang , nah kalo produk jasa , otomatis konsumen interaksinya ama orang lagi , jadi lebih ke bentuk hubungan interaksi (relationship). Trus kalo produk barang tuh lebih gampang dinilainya ama konsumen tapi kalo jasa lebih susah dinilainya soalnya cuma bisa dirasakan oleh orang yang pake jasa itu dan biasanya promosinya tuh berdasarkan word of mouth (penyampaian dari mulut ke mulut) which is promosi dengan cara ini tuh cuma bisa dikomentarin sama orang yang udah pake jasa kita dan biasanya juga efektif banget buat ngebentuk persepsi orang laen tentang jasa kita soalnya kalo misalnya banyak orang yang udah bilang jasa kita tuh memuaskan , biasanya di mindset orang tuh udah kebentuk sendiri kalo jasa kita emank memuaskan.

Nah perbedaannya yang laen tuh kalo di industry jasa tuh ada yang namanya high season dimana permintaan lagi banyak-banyaknya and ada juga low season dimana permintaannya lagi dikit. Nah ini harus kita siasatin deh biar kita ga rugi. Soalnya kalo industry jasa keq misalnya hotel ato airlines tuh perishable items which means kalo yang hari ini ga kejual , ya ga bisa dijual lagi besoknya… Besok is besok  beda cerita ama barang yang kalo ga kejual hari ini bisa dijual lagi besoknya. Kalo lagi low season kita bisa siasatin dengan kasih discount ato harga promo ato kasih service tambahan. Nah yang penting di sini tuh gimana cara kita ngekomunikasiin ato ngepromote si discount ato penawaran menarik yang kita tawarin itu ke konsumen biar mereka tertarik. Trus kalo di industry jasa tuh ada high contact service which means kontak antara konsumen dengan si pemberi layanan jasa (orang yang transferin jasa) tuh intens , ama ada juga low contact service dimana tingkat interaksinya lebih jarang. Kalo di high contact service , peran si pemberi jasa tuh besar , makanya mereka harus professional dan membina hubungan yang baik dan lebih personal ama konsumennya kalo ga mau konsumennya pada kabur… Trus kalo di produk barang tuh peran distributor cukup besar , tapi kalo di produk jasa miniiiiim banget , why? Soalnya kalo jasa kan langsung kita kasih ato langsung dijual ama si pemberi layanan jasa itu sendiri , ga ada distributornya , kecuali di perusahaan jasa keq travel agent ato jasa angkutan gitu ato ga perusahaan asuransi juga tetep butuh agent buat promote jasa mereka tapi itu juga minim banget.

Nah itulah perbedaan perbedaannya…. Makanya tools dalem marketing mix buat jasa and barang berbeda… Nah sekarang setelah ngebahas panjaaaang lebar perbedaan barang ma jasa , mari kita bahas tools nya…

Kalo tools di produk barang tuh cuma 4 which are:

1.     Product
Produk di sini tuh maksudnya barang hasil produksi yang kita tawarin buat konsumen untuk memenuhi needs , wants and their expectation.
2.     Price
Price di sini tuh harga yang kita tentuin buat ntar dijual ke konsumen. Dalam nentuin harga barang juga kita harus ngitung harga barang aslinya/ berapa besar pengorbanan ato usaha yang udah kita lakuin dan berapa harga atas effort kita itu trus perlu juga nentuin berapa cost yang udah dikeluarin mulai dari proses barang itu diproduksi sampe bisa ke tangan konsumen , keq contohnya makanan. Kita ga cuma ngitung berapa harga bahan-bahan mentahnya , tapi kita juga harus ngitung proses pengolahan bahan mentah itu bisa sampe bahan jadi. Dari proses preparation bahan mentahnya , proses masaknya juga , trus berapa biaya yang kita keluarin buat si orang yang masaknya ato chef nya (biasa disebutnya labour cost) , trus juga listrik , gas , air , pokoknya biaya-biaya tambahan selama proses pengolahannya deh… Trus nambahin juga berapa profit yang mau kita ambil , berapa banyak profit untuk kita. Nah itu semua kita tambahin buat nentuin harga jual
3.     Place
Place disini tuh maksudnya saluran distribusi , saluran distribusi maksudnya? Maksudnya tuh kalo di industry barang , barang itu kalo mau dijual , harus ditempatin di tempat yang tepat , maksudnya tempat yang tepat tuh tempat yang konsumennya sesuai sasaran. Keq misalnya kalo lagi ada pameran mobil gitu ato showroom mobil , kalo kita jualan rokok , ya pas gitu , pasti banyak yang beli , tapi kalo kita jualan susu bayi… are you kidding me??? Okay , that`s the answer…
4.     Promotion
Promosi tuh maksudnya gimana caranya biar informasi yang mau kita sampaikan ke konsumen bisa sampai secara efektif. Jadi konsumen punya persepsi yang benar tentang produk dan informasi yang mau kita kasih ke mereka… Contohnya tuh advertising (iklan) , ato nawar-nawarin produk kita ke konsumen secara personal.
Nah yang tadi gw bahas itu tools marketing mix di industry barang , sekarang gw bakal bahas buat yang di industry jasa. Tools nya yang gw bakal bahas ada 8 nih kalo buat jasa… which are :
1.     Product elements

Untuk produk di industry jasa ini bentuknya ya layanan ato service. Jadi produsen nawarinnya tuh service untuk memenuhi kebutuhan , keinginan dan harapan konsumen. Nah product elements tuh elemen-elemen ato komponen-komponen yang bisa ngasih nilai buat suatu jasa apakah jasa itu bagus kualitasnya ato enggak buat konsumen.
2.     Place (Cyberspace and time)
Maksudnya tuh ini gimana si pihak yang memberikan jasa nentuin waktunya alias kapan ,dimana trus gimana cara ngasihin layanan yang baik buat pelanggan. Keq misalnya jasa pagar ayu ato pagar bagus gitu , tempatnya otomatis di wedding , kapannya biasanya orang ngadain pesta wedding pas weekend kalo ga sabtu, ya minggu. Trus gimana cara ngasih service nya , ya dengan mengisi acara sesuai dengan permintaan orang yang ngontraknya , tema , konsepnya , kostumnya disesuaikan dengan permintaan orang yang ngontrak. Gimana caranya supaya konsumen puas dengan service yang ditawarin? Dalem kasus ini , ya dengan berlatih sebaik mungkin jadi pas perform bisa kasih performance yang optimal…
3.     Promotion
Kalo ini sih actually mirip ama yang penjelasan promotion industry barang , gimana caranya pihak produsen nyampaikan informasi yang benar tentang produk jasa yang ditawarin. Buat kasih persepsi yang diinginkan pihak produsen tentang jasa yang mereka tawarin ke konsumen.
4.     Price and other user outlays
Ini juga mirip ama penjelasan dan uraian price di industry barang , cuma bedanya kalo di industry barang tuh cost nya biasanya bahan-bahan mentah dari suatu barang , kalo di industry jasa lebih ke cost atas usaha ato layanan yang dikeluarkan ato yang diberikan si pemberi layanan ke konsumen. Nah price nya itu lah yang dikeluarkan pelanggan waktu dia membeli jasa ato service yang ditawarkan.
5.     Process
Proses di sini maksudnya tuh semua tindakan yang terjadi ketika memberi layanan yang baik ke pihak yang membeli jasa kita , sampai konsumen dapat merasakan service itu sendiri dan puas dengan layanan yang diberikan.
6.     Productivity and Quality
Produktivitas means proses yang menghasilkan sesuatu , kalo di industry jasa tuh hasilnya berupa layanan. Sedangkan Kualitas means penilaian atas layanan yang diberikan , apa yang dirasakan konsumen. Bila kualitas bagus maka konsumen merasa puas dan bila kualitasnya jelek maka konsumen akan merasa kecewa. Kualitas sendiri terdiri dari unsur-unsur dan tingkat kepuasan atas layanan yang sudah diberikan apakah cepat ato lambat , efisien ato tidak , sesuai ato tidak dengan kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen.
7.     People
People means semua orang , semua pihak , semua insan yang terlibat dalam proses produksi, dalam hal ini , berupa jasa ato layanan… Mulai dari si pemberi layanan , sampai ke orang yang diberi pelayanan.
8.     Physical Evidence
Maksudnya tuh semua hal yang diperlukan ketika memberi layanan secara nyata ato bukti nyata kualitas produk layanan. Mmm ,sulit sih menjelaskannya… Jadi itu tuh bukti fisik ato materi dari suatu layanan , tapi keq nya kalo mikir bukti fisik layanan susah deh , jadinya kl untuk layanan mungkin contohnya dengan menggunakan bahasa isyarat gitu….
Originally from Amanda Deviana`s Brain… lol…
About these ads

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,808 other followers

%d bloggers like this: